Surau TV

Banner

Anak Pelaku Kejahatan, Korban dari Kegagalan Orang Dewasa

Image
Thursday, 04 May 2017 | 07:50:34 WIB


Anak-anak yang kini terlibat dengan kasus hukum dan menjadi pelaku kejahatan seharusnya dipandang sebagai korban dari lingkungan dan pengaruh negatif sekitarnya. Anak-anak pelaku kejahatan hanyalah korban dari gagalnya peran dan fungsi orang orang dewasa di sekitarnya memberikan teladan dan panutan yang positif. Untuk itu, keluarga, lingkungan dan kerabatnya haruslah ikut bertanggung jawab dengan tidak mengucilkannya melainkan membina dan mendukungnya ke arah positif.

Demikian disampaikan salah seorang praktisi pengasuhan dan pendampingan anak asal Palangkaraya, Rizki Tanjudin kepada RRI, Kamis (4/5/2017). Dijelaskan Rizki, anak anak yang kini menjadi pelaku kejahatan bukanlah sumber masalah yang sebenarnya. Justru sumber masalah adalah orang orang dewasa di sekitarnya yang tidak sanggup mengarahkannya kepada kebaikan. Anak-anak yang telah terjerumus kejahatan dinilai, telah mengalami penurunan penerimaan diri dan penghargaan . Seorang anak yang masih labil akan menganggap dirinya gagal dan buruk dan menganggap orang lain lebih baik sehingga sulit untuk berubah. Sehingga jika masyarakat menginginkan anak atau warganya kembali ke jalan kebaikan, perlu dukungan, tuntunan dan motivasi terus menerus dari lingkungannya.

“Lingkungan juga menjadi gagal jika hanya membuat baik anaknya sendiri dan bukan anak tetangga atau lingkungan sekitrnya,” jelasnya.

Untuk itu, lingkungan kerabat, lingkungan sosialdan masyarakat  terkecil seharusnya juga ikut memberikan dukungan, perhatian dan bimbingan bagi anak anak lain yang terkena persoalan. (*)

Sumber :

Laporan :

Editor : 0

loading...
Post

Bupati Sampang Meninggal Dunia

2 tahun yang lalu